Kelemahan Just In Time


Sistem JIT memiliki beberapa keunggulan, tetapi sangat rentan terhadap gangguan pasokan bahan. Lini produksi dengan cepat menjadi macet begitu ada komponen penting yang tidak tersedia. Toyota yang menjadi pelopor sistem JIT juga mengalami bahwa ini adalah hal yang sangat sulit.

Pada hari Sabtu, pabrik Aisin Seiki Company yang berlokasi di prefektur Aichi yang menjadi pemasok rem bagi Toyota terbakar, sehingga pasokan bagi Toyota terhenti. Pada hari Selasa, Toyota terpaksa harus menghentikan seluruh aktivitas perakitannya. Ketika bagian yang rusak berhasil diperbaiki, Toyota telah kehilangan penjualan sebesar $15 miliar.

Sumber : "Toyota to Recalibrate' Just In Time". International Herald Tribune. 8 Februari 1997. Hal: 9.

2 komentar:

titin_macan mengatakan...

ternyata setiap pilihan yang sebagus apapun punya harganya ya, Toyota sudah memilih, merekapun harus tau konsekuensinya. maknanya kita juga gitu ya, harus berani mengambil keputusan, dan mengecilkan pemikiran ttg risiko, you the best

Savana as Syifa mengatakan...

Lam kenal titin.. makasih sdh berkunjung.
Memang JIT merupakan salah satu alternatif untuk efisiensi di manajemen kontemporer. Namun benefit yang tinggi diiringi dengan risiko yang tinggi pula. Pilihan ini tentu saja harus membuat kita berfikir lebih komprehensif sehingga kita bisa mengantisipasi segala kemungkin untuk meminimalisir risiko.
Ok.. good luck yah.

Posting Komentar